Sebuah Variable adalah inisialisasi suatu struktur data sementara yang dapat berubah-ubah. Data yang disimpan dalam variable akan hilang setelah program dieksekusi.
package main
import "fmt"
func main() {
var x string = "Hello World"
fmt.Println(x)
}
Variabel di GoLang diawali dengan 'var', kemudian spesifikasi variable, tipe data dan nilai dari variable tersebut. Selain contoh di atas GoLang juga menyediakan pembuatan variable yang lebih pendek.
x := 5
fmt.Println(x)
Tanda ':' sebelum '=' menandakan bahwa tipe belum ditentukan. Dibawah ini contoh untuk mendefinisikan beberapa variable sekaligus.
var (Menamai variable sangat penting saat pembuatan software, selain dapat menginisialisasi kalimat yang panjang juga agar mudah diingat. GoLang tidak perduli dengan variable yang anda buat, anda bisa membuatnya dengan awalan huruf kecil ataupun huruf besar, angka atau '_' (underscore).
a = 10)
b = 13
c = 15
GoLang juga support dengan Konstanta. Konstanta adalah variabel yang nilainya tidak dapat berubah. Cara membuatnya sama halnya dengan variable hanya saja jika variable memakai 'var' sedangkan konstanta menggunakan 'const'.
package main
import "fmt"
func main() {
const x string = "Hello World"
fmt.Println(x)
}Contoh program:
package main
import "fmt"
func main() {
fmt.Print("Enter a number: ")
var input float64
fmt.Scanf("%f", &input)
output := input * 2
fmt.Println(output)
}
Output : 